Penjelasan Blog

Pengertian Blog, Jenis, Manfaat dan Kegunaannya


Pengertian Blog
   Memasuki era digital yang semuanya serba Internet. Blog menjadi sebuah perangkat yang banyak digunakan di dunia Internet. Hampir setiap orang memiliki sebuah blog. Blog ini bisa digunakan untuk bisnis, memperluas networking, bahkan untuk tempat curhat.

Nah, sebelum mendalami lebih dalam tentang blog, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian atau definisi blog.
   "Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik, meskipun tidak selamanya demikian"

Blog merupakan singkatan dari "web log" yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog). Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), meskipun tidak harus selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya.

Responsive Blog

Sejarah munculnya Blog
Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum pada akhirnya diakuisisi oleh pihak Google pada sekitar akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog (blogger) tersebut.

Manfaat dan Kegunaannya
Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.

Situs-situs web yang saling berkaitan antara beberapa blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung dalam sebuah komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk, misalkan harus berasal dari sebuah daerah tertentu atau memiliki kesamaan minat tertentu.

Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk kegiatan blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu dengan tujuan mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel (update blog). Dewasa ini telah ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Manfaat Ekonomis
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama melalui sebuah program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau semacam program-program afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog), karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam sebuah blog. Hal ini dapat berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.
Istilah Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasi (posting) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Tulisan-tulisan dalam sebuah web seringkali diurutkan dari postingan yang terbaru lalu postingan yang lama. Meskipun tidak selamanya demikian, tergantung bagaimana pengguna mengaturnya di bagian sidebar.

Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan pembahasan yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Pengunjung web biasanya datang karena menuliskan suatu kata kunci tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine lainnya. Jika web kita berada di posisi nomor satu atau berada di halaman satu Google (atau mesin pencari lainnya), maka potensi untuk dikunjungi semakin besar.

Sebagai contoh web atai blog yang kamu kunjungi saat ini, lebih dari 10K pengunjung setiap harinya, ada yang lewat mesin pencari (organic search) ada juga yang langsung mengakses webnya (direct visitor).Perbedaan Blog, Blogger, Blogging Dan Blogspot

pengertian blog, blogger, blogging
Blog adalah website pribadi (personal website) baik yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar (TLD).

Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com.
Blogging adalah aktivitas pengguna blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video dan lain-lain. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id, di Jepang, alamatnya menjadi blogspot.jp, di Hongkong menjadi blogspot.hk, di India menjadi blogspot.in, dan lain sebagainya.

Sejarah Munculnya Blog

sejarah munculnya blog
sejarah blog
Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, milik Pyra Labs. Namun pada akhir tahun 2002 telah diakuisisi oleh pihak Google. Nah, semenjak itulah, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang sifatnya sumber terbuka (open source). Hal ini dimanfaatkan untuk perkembangan para penulis blog (blogger) tersebut.

Manfaat Dan Kegunaan Blog

manfaat dan kegunaan blog
manfaat dan kegunaan blog
Blog memiliki fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, hingga program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas.

Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan.

Namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas, contohnya yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.

Situs-situs web yang saling berkaitan antara beberapa blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut dengan istilah blogosphere. Jika sebuah kumpulan gelombang informasi, aktivitas dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blog storm atau badai blog. Sedangkan untuk kontennya bisa disebut konten viral, dimana orang-orang saling menshare atau membagikan konten tersebut di media sosial.

Komunitas Blogger

komunitas blog di indonesia
komunitas blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan hobi, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus dan lain sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama seperti kopi darat (Kopdar), traveling, project review, dan lain-lain.
Jenis-Jenis Blog

jenis jenis blog
jenis jenis blog
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, puisi atau syair, keluhan, gagasan, dan perbincangan teman.

Blog politik: Tentang berita, aktivis, politik, kampanye dan semua persoalan tentang politik.

Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu (niche).

Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (literary blog).

Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dan lain-lain.

Blog bisnis: Digunakan oleh wirausahawan atau pegawai untuk kegiatan promosi bisnis mereka.

Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti binatang, tanaman dan lain-lain.

Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan atau traveling.

Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, selera fesyen, perkembangan mode, liputan pameran mode dan lain-lain.

Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi (blog gado-gado)

Blog agama: Membahas tentang agama

Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.

Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Budaya Ngeblog

blogger indonesia
ngeblog di indonesia
Istilah orang indonesia untuk kegiatan blogging yaitu ngeblog. Ngeblog harus dilakukan hampir setiap waktu dengan tujuan untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog.

Kegiatan ngeblog bisa bermacam-macam, bisa menambah konten artikel, optimasi konten yang telah dibuat, dan lain-lain. Saat ini sudah ada lebih miliaran blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya.

Selain merawat dan terus melakukan update di blognya, para blogger yang tergolong baru pun (newbie) masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar (backlink comment).

Manfaat Ekonomis

Saat ini banyak dari para blogger yang telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama melalui sebuah program periklanan (misalnya publisher AdSense, postingan berbayar, penjualan produk dan berbagai macam program-program afiliasi).

Kita mungkin tidak asing lagi dengan istilah bisnis online. Banyak sekali tempat untuk berjualan online, mulai dari membangun toko online hingga tahap optimasi menggunakan tekhnik SEO.

Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog), karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah.

Risiko Kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik. Hal ini bisa memberikan kesempatan bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata dan lain sebagainya.

Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam sebuah blog. Hal ini dapat berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Oleh sebab itu hendaknya kita selalu waspada dalam memberikan atau menyuguhkan sebuah informasi, karana jika informasi itu tidak benar, maka kita sendiri yang akan dirugikan. Begitu juga dengan tulisan-tulisan yang menyangkut tentang kepribadian penulis, agar kita terhindar dari segala bentuk penipuan.


Demikianlah uraian tentang pengertian blog, manfaat dan kegunaannya.

Komentar

  1. Fleksibilitas ekspresi, kreativitas tanpa batasan, kontrol penuh, keterlibatan yang lebih dalam, dan penguatan diri adalah elemen-elemen kunci yang membuat personal blog menjadi kelebihan personal blog.

    Dengan semua manfaat personal blog yang terkandung di dalamnya, membangun dan mengelola personal blog bukan hanya tentang mengejar popularitas online tetapi juga tentang eksplorasi diri, pengembangan keterampilan, dan pemanfaatan potensi finansial.

    Dengan begitu banyak fungsi personal blog dimilikinya, personal blog bukan hanya sekadar catatan online. Ini adalah alat serbaguna yang dapat membuka pintu untuk ekspresi diri, membagikan pengetahuan, membangun komunitas, dan bahkan membantu dalam pengembangan pribadi dan profesional.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online

Menerapkan Prosedur Kegiatan Rapat (Teleconference)